Sabtu, 06 Juni 2015

Recognition Rather Than Recall - tokopedia.com

Merupakan arti dari pengguna tidak perlu mengingat informasi yang sebelumnya ia berikan atau dapatkan. Terdapat kasus yang berkaitan dengan hal tersebut dalam situs tokopedia, yakni sebagai berikut :

A. Kasus Pertama
Gambar 1
Pada gambar 1 merupakan suatu syarat & ketentuan bagi pengguna yang akan mendaftarkan diri sebagai member di tokopedia. Biasanya ketentuan jika dibaca selengkapnya menjadi text area dengan terdapat vertical scroll disamping kanan untuk dapat membaca seluruh isi ketentuan, akan tetapi ketentuan pada gambar 1 pada saat ingin membaca seluruhnya, pengguna di pindahkan ke laman "Bantuan" pada tokopedia. Hal ini tentu saja dilihat dari bentuk infomasi yang harus diingat pengguna.
  • Rekomendasi Perbaikan
Seharusnya seluruh isi kontent terdapat dalam satu laman saja, agar memudahkan pengguna untuk melihat informasi yang terdapat dalam kontent
  • Severity Rating









B. Kasus Kedua
Gambar 2
Pada gambar 2 merupakan laman deskripsi barang, dimana pengguna tidak memiliki hak melakukan pembelian jika belum bergabung. Meskipun terdapat wishlist, jika pengguna masuk dilain waktu akan lupa bahwa pengguna pernah menyimpan barang di wishlist.

  • Rekomendasi Perbaikan
Seharusnya pihak situs memperbolehkan pembelian diluar member, hal tersebut untuk mengurangi adanya pembeli yang lupa pernah menyimpan barang pada wishlist.
  • Severity Rating


Error Prevention - tokopedia.com

merupakan sesuatu yang sangat penting, bagaimana desain yang dibuat bisa mencegah pengguna dari melakukan kesalahan. Pada website tokopedia terdapat beberapa kasus Error Prevention yakni sebagai berikut :

A. Kasus Pertama
Gambar 1.
Pada gambar 1 merupakan laman dimana pengguna ingin membeli barang, pengguna dapat mengetahui spesifikasi dari barang yang akan dibeli, akan tetapi pengguna tidak mengetahui jumlah stok yang ada dalam toko pengguna. Meskipun pada beberapa toko ada stok, itupun dituis di deskripsi dan bersifat statis. Pengguna akan mengetahui jumlah stok ketika pengguna harus bertanya dahulu melalui pesan yang terdapat pada situs tersebut.

  • Rekomendasi Perbaikan
Memungkinkan sistem memiliki fungsi yang memunculkan notifikasi stok barang, agar tidak membingungkan pengguna dalam membeli barang.

  • Severity Rating







B. Kasus Kedua

Gambar 2.
Pada gambar 2 merupakan detail toko, pada toko yang kita inginkan detailnya, sistem hanya menampilkan profile, rating dan deskripsi. Pengguna sulit untuk berkomunikasi secara langsung dengan penjula, meskipun situs memiliki fasilitas "kirim pesan" akan tetapi pengguna tidak secara leluasa untuk berkomunikasi, dan penjual pun tidak senantiasa online setiap saat. Menjadikan informasi yang pengguna inginkan tidak dapat dibalas penjual secara fast response.

  • Rekomendasi Perbaikan
Seharusnya pada detail produk dapat mencantumkan No HP, pin BB, ID Line, atau fasilitas chatting apapun yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi apapun antara penjual dan pembeli.

  • Severity Rating


Aesthetic and minimalis design - tokopedia.com

Memiliki arti bahwa dialog atau informasi yang disampaikan kepada pemustaka tidak terdapat informasi yang tidak relevan atau jarang dibutuhkan. Setiap informasi yang ditambahkan biasanya mengurangi visibilitas yang ingin disampaikan. Pada website tokopedia.com terdapat beberapa button yang tidak mendukung kebutuhan pengguna. Contohnya adalah sebagai berikut :
A. Kasus Pertama
Gambar 1
Gambar 2.

Pada gambar 1, pada laman suatu barang terdapat button yang bertuliskan Notifikasi Harga, button tersebut akan memunculkan pop up seperti pada gambar 2. Maksud button tersebut sebenarnya adalah untuk memberikan harga maksimum terhadap barang tersebut. Akan tetapi pengguna yang ingin menekan button tersebut harus melakukan login (Member) dan signup (Non Member). Hal tersebut akan membingungkan pengguna pemula yang hanya sekedar melihat-lihat barang dan membeli barang.

  • Rekomendasi Perbaikan
Tidak Perlu menyertakan button Notifikasi harga karena akan membingungkan pengguna. alangkah lebih baiknnya mencatumkan button beli saja, atau bisa ditambah spesifikasi.

  • Severity Rating






B. Kasus Kedua
Gambar 3.
Gambar 4.
Pada laman spesifikasi barang(laman yang sama dengan gambar 1 dan 2) terdapat button jual, ketika button jual tersebut diklik, akan memunculkan pop up seperti pada gambar 4. Button jual tersebut maksudnya adalah pengguna ingin menjual barang yang sama dengan penjual lain, akan tetapi pengguna yang ingin menjual disarankan untuk membuka toko online terlebih dahulu pada website tokopedia. hal ini membuat adannya duplikasi fungsi, karena jika pengguna telah login bisa langsung masuk ke laman toko yang telah pengguna buat sebelumnya jika ingin menjual suatu barang.

  • Rekomendasi Perbaikan
Seharusnya tidak perlu adanya button jual untuk melakukan penjualan yang bukan pada laman toko yang telah kita buka sebelumnya, jika pengguna ingin melakukan penjualan cukup dalam laman toko onlinenya.

  • Severity Rating


Flexibility and efficiency of use - tokopedia.com

memiliki arti bahwa sistem dapat memberikan fungsi yang flesibel dan efisiesn sehingga memudahkan pengguna yang berpengalaman serta pengguna yang tidak berpengalaman. Pada website tokopedia.com terdapat beberapa fungsi untuk memudahkan pengguna yang berpengalaman maupun pemula. Contohnya adalah sebagai berikut :

A. Kasus Pertama


                      Login PC 1                                                                      Login PC 2                                                                  

Terdapat perbedaan saat melakukan login dengan komputer yang berbeda, dimana pada Login PC 1 terdapat login secara manual serta dengan menggunakan facebook dan google. Sementara pada Login PC 2 tidak di lengkapi login dengan facebook, hanya dengan google dan secara manual.
  • Rekomendasi Perbaikan
Seharusnya sistem login tokopedia disamakan meski melakukannya dengan komputer yang berbeda, hal ini bertujuan menjaga konsistensi dan memberikan kemudahan kepada begbagai jenis pengguna.

  • Severity Rating






B. Kasus Kedua




Gambar 1.
Tokopedia memberikan kemudahan terhadap para pelanggannya, yakni dengan adanya fungsi Searching. Saat melakukan pencarian dengan tanpa memasukan keyword apapun, sistem tetap melakukan pencarian dengan hasil barang yang dikeluarkan sistem berupa kategori semua produk yang tersedia.

  • Rekomendasi Perbaikan
Seharusnya pada fungsi tersebut memunculkan notifikasi bahwa kolom tidak boleh kosong, sehingga hasil yang dikeluarkan sistem sesuai dengan keyword yang dimasukan pelanggan.

  • Severity Rating


Consistency and Standards - tokopedia.com

Pada kajian Consistency and Standards sistem diharuskan menggunakan bahasa atau platform yang sama untuk sesuatu yang sama, sehinggga pengguna tidak harus kebingungan dan mengira-ngira apakan suatu istilah memiliki arti yang sama atau berbeda. Pada tokopedia.com terdapat beberapa miss function yang menyebabkan terjadinya kekurang konsistenan suatu fungsi, contohnya sebagai berikut  :
A. Kasus Pertama

Gambar 1.

Pada gambar 1 di area kanan bawah terdapat button bertuliskan Indonesia dan English, ketika saya menekan button bertuliskan English maksud dari sistem mungkin ingin mengganti bahasa secara keseluruhan pada website tersebut, akan tetapi yang muncul adalah tidak semua text yang berada pada laman tersebut berubah menjadi bahasa Inggris tetapi masih muncul text yang bertulisakan Bahasa Indonesia. Akibatnya pada laman tersebut bercampur antara tulisan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

  • Rekomendasi Perbaikan
Seharusnya sistem mengubah semua bahasa sesuai dengan pilihan pengguna.

  • Severity Rating





B. Kasus Kedua

Gambar 2.

Laman All Categories merupakan suatu pengelompokan suatu daftar barang berdasarkan alfabets untuk memudahkan seseorang mencari suatu barang. Akan tetapi dalam laman ini hanya beberapa huruf yang bisa diklik untuk mencari suatu barang, sisanya tidak dapat diklik.
  • Rekomendasi Perbaikan
Seharusnya semua huruf yang terdapat pada laman All Catagories bisa diklik dan memunculkan content berdasarkan huruf yang dipilih.

  • Severity Rating



IMK : Web Usability Tokopedia.com

Usability & Web Usability
Usability merupakan suatu  istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk menggunakan suatu alat atau task tertentu agar tujuannya dapat tercapai.
Tujuan pokok dari Usability :
  • Efektif digunakan
  • Efisien digunakan
  • Aman digunakan
  • Punya utility yang baik
  • Mudah dipelajari
  • Mudah diingat bagaimana menggunakannya
Sedangakan web usability adalah pendekatan dalam membuat suatu situs web agar mudah digunakan oleh user.  Usability yang baik akan memudahkan user dalam menggunakan atau sekedar melihat-lihat suatu situs. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat membuat user mengalami kesulitan  :
  • Laman situs ambigu (membingungkan).
  • Tidak menampilkan konten yang tepat dengan icon atau berita.
  • Pengguna sering mendapatkan error pada beberapa fungsi.
  • Pengguna tidak mengetahui keberadaannya dalam situs.
  • Interface yang kurang sesuai dengan konten web.
Dengan kondisi tersebut, situs akan kehilangan daya tarik untuk menggaet pelanggan. Untuk itu, ada beberapa teknik untuk melakukan pemeriksaan web usability, salah satunya dengan menggunakan Heuristic Evaluation. Merupakan metode yang dapat memeriksa usability untuk perangkat lunak komputer yang membantu untuk mengidentifikasi Usability Problem dalam User Interface.
Tentang Tokopedia.com
Tokopedia merupakan e-commerce yang bergerak sebagai perantara penjual dan pembeli.  Dalam jual beli online dibutuhkan adanya kepercayaan, tokopedia.com telah membuktikan profesionalitasnya untuk menjaga kepercayaan konsumen, yakni sebagai perantara belanja. Saat melakukan transaksi di tokopedia.com, barang yang di jual oleh penjual hanya dapat dibeli oleh pembeli setelah melakukan pembayaran terhadap pihak tokopedia.com, hal ini ditujukan agar tingkat tipu-menipu dapat diatasi.
Untuk penilaian Heuristic Evaluation akan di review pada postingan selanjutnya.