Sabtu, 06 Juni 2015

Recognition Rather Than Recall - tokopedia.com

Merupakan arti dari pengguna tidak perlu mengingat informasi yang sebelumnya ia berikan atau dapatkan. Terdapat kasus yang berkaitan dengan hal tersebut dalam situs tokopedia, yakni sebagai berikut :

A. Kasus Pertama
Gambar 1
Pada gambar 1 merupakan suatu syarat & ketentuan bagi pengguna yang akan mendaftarkan diri sebagai member di tokopedia. Biasanya ketentuan jika dibaca selengkapnya menjadi text area dengan terdapat vertical scroll disamping kanan untuk dapat membaca seluruh isi ketentuan, akan tetapi ketentuan pada gambar 1 pada saat ingin membaca seluruhnya, pengguna di pindahkan ke laman "Bantuan" pada tokopedia. Hal ini tentu saja dilihat dari bentuk infomasi yang harus diingat pengguna.
  • Rekomendasi Perbaikan
Seharusnya seluruh isi kontent terdapat dalam satu laman saja, agar memudahkan pengguna untuk melihat informasi yang terdapat dalam kontent
  • Severity Rating









B. Kasus Kedua
Gambar 2
Pada gambar 2 merupakan laman deskripsi barang, dimana pengguna tidak memiliki hak melakukan pembelian jika belum bergabung. Meskipun terdapat wishlist, jika pengguna masuk dilain waktu akan lupa bahwa pengguna pernah menyimpan barang di wishlist.

  • Rekomendasi Perbaikan
Seharusnya pihak situs memperbolehkan pembelian diluar member, hal tersebut untuk mengurangi adanya pembeli yang lupa pernah menyimpan barang pada wishlist.
  • Severity Rating


5 komentar:

  1. saya setuju dengan penulis, biasanya untuk konfirmasi ingin bergabung atau menginstall apps bentuknya vertical scroll, sehingga user harus meng-scroll terlebih dahulu. Untuk tampilan pada tokopedia ada kemungkinan user kebingungan dengan 'Baca selengkapnya'. Overall, nice review ^^

    BalasHapus
  2. saya juga setuju dengan nuno mengenai masalah yang kedua, memang dengan adanya whislist tersebut kadang pengguna suka lupa dengan keinginannya. nice review. :)

    BalasHapus
  3. Saya juga setuju dengan nuno dan didi dengan membatasi malah bisa menurunkan profit :)

    BalasHapus
  4. Saya juga setuju dengan nuno dan didi dengan membatasi malah bisa menurunkan profit :)

    BalasHapus
  5. Dari kasus kedua, pembelian yang hanya diperbolehkan untuk member mungkin ditujukan agar transaksi pembelian yang dilakukan dapat terjamin keamanannya dan lebih terpercaya. Namun tidak ada salahnya jika pembelian juga diperbolehkan di luar member agar dapat meningkatkan penjualan.

    BalasHapus