Error Prevention - tokopedia.com
merupakan
sesuatu yang sangat penting, bagaimana desain yang dibuat bisa mencegah pengguna dari melakukan kesalahan. Pada website tokopedia terdapat beberapa kasus Error Prevention yakni sebagai berikut :
A. Kasus Pertama
 |
Gambar 1. |
Pada gambar 1 merupakan laman dimana pengguna ingin membeli barang, pengguna dapat mengetahui spesifikasi dari barang yang akan dibeli, akan tetapi pengguna tidak mengetahui jumlah stok yang ada dalam toko pengguna. Meskipun pada beberapa toko ada stok, itupun dituis di deskripsi dan bersifat statis. Pengguna akan mengetahui jumlah stok ketika pengguna harus bertanya dahulu melalui pesan yang terdapat pada situs tersebut.
Memungkinkan sistem memiliki fungsi yang memunculkan notifikasi stok barang, agar tidak membingungkan pengguna dalam membeli barang.
B. Kasus Kedua
 |
Gambar 2. |
Pada gambar 2 merupakan detail toko, pada toko yang kita inginkan detailnya, sistem hanya menampilkan profile, rating dan deskripsi. Pengguna sulit untuk berkomunikasi secara langsung dengan penjula, meskipun situs memiliki fasilitas "kirim pesan" akan tetapi pengguna tidak secara leluasa untuk berkomunikasi, dan penjual pun tidak senantiasa online setiap saat. Menjadikan informasi yang pengguna inginkan tidak dapat dibalas penjual secara fast response.
Seharusnya pada detail produk dapat mencantumkan No HP, pin BB, ID Line, atau fasilitas chatting apapun yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi apapun antara penjual dan pembeli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar